5 Jenis Usaha Ukm Yang Punya Prospek Cerah 2019

Terjun  ke bidang pasti peluang bisnis rumahan sampingan menginginkan hal yang digeluti memiliki prospek yang menjanjikan dan cerah di masa depannya agar tidak kecewa. Apalagi di era sekarang dimana semua hal bisa menjadi sumber penghasilan, khususnya di bidang bisnis UKM. Hal ini diperkuat dengan berbagai jenis bisnis UKM yang semakin hari, memiliki pandangan cerah di masa depannya.

Tapi, Jenis Usaha UKM Apa Saja Sih Yang Memiliki Prospek Demikian?

Pasti sudah tidak asing dengan istilah dropshipping? Ya, usaha tersebut merupakan jenis UKM dengan basis digital. Dimana sekarang sudah marak dan bahkan perkembangannya pun semakin pesat. Ini merupakan bisnis yang bisa Anda lakukan jika masih dalam tahap pemula.

Selanjutnya ada bisnis bidang kuliner. Di era sekarang, masalah bidang marketing mengenai bisnis ini sudah sangat mudah. Anda tinggal membuka lapak di media sosial seperti Instagram, lalu mempromosikan produk kuliner Anda di sana.

Meski begitu, yang namanya kuliner pasti harus ada wujud aslinya. Untuk membuat warung kecil-kecilannya pun bisa Anda minimkan budgetnya sedemikian rupa. Tergantung bagaimana Anda memoles warung tersebut menjadi menarik dan kreatif meski sederhana.

Selanjutnya ada bisnis bidang aksesoris dan lain yang berkaitan dengan wanita. Seperti tas, sepatu, baju, dan aksesoris lucu dan unik yang bisa menarik perhatian para kaum hawa. Mengingat kita sangat menyadari bahwa wanita, merupakan sesosok makhluk yang sangat perhatian dengan penampilan mereka.

Dan dari situlah Anda bisa membantu mereka untuk memenuhi hal tersebut dengan menjual berbagai hal tersebut kepada mereka. Untuk keuntungannya sendiri, bisa dibilang bisnis ini juga memiliki prospek yang cerah dan menjanjikan.

Lalu Apa Sih Kelebihan Serta Kekurangan Dari Usaha UKM Ini?

Yang pasti karena usaha ini sudah marak di berbagai tempat di wilayah Indonesia, otomatis perkembangan yang ada sangat memberikan celah untuk terus berinovasi dan terus mengembangkan bisnis ini hingga terkenal di berbagai Negara.

Dan yang pasti, usaha UKM ini sudah banyak kontribusinya untuk merekrut berbagai orang untuk bergabung dan bekerja sama dalam mengembangkan usaha UKM ini. Output nya adalah, bisnis ini semakin hari semakin banyak menciptakan lapangan pekerjaan untuk kebanyakan orang.

Mengingat bahwa Indonesia, memiliki segudang masalah yang harus diselesaikan dengan cepat dan cermat, salah satunya yakni pengangguran, dan kemiskinan. Jadi, secara tidak langsung jika kita bergerak di bidang ini, kita juga ikut membantu pemerintah dalam mengatasi hal tersebut.

Karena UKM bukan berarti mereka mencangkup semua bidang. Nyatanya beberapa pengusaha UKM memiliki satu titik fokus pada satu bidang, dan mengembangkannya. Jadi, Anda tidak perlu bingung jika soal masalah bidang apa yang akan Anda geluti nanti saat akan memulai berbisnis UKM.

Dan yang paling menguntungkan lagi adalah kita dibebaskan dalam menentukan harga. Ya, semua kendali baik harga maupun model barang ditentukan oleh diri sendiri. Tinggal bagaimana Anda memanajemennya agar semua bisa balance, dan lainnya.

Meski begitu, usaha ini juga memiliki kendala yang terkadang membuat kita terhambat, dan harus berpikir ulang kembali. Salah satunya adalah masalah modal. Meski memiliki modal sedikit, namun untuk mengembangkan usaha lebih besar lagi, Anda harus berpikir lagi soal ini.

Modal yang harus dikeluarkan pasti lebih besar, dan mau tidak mau Anda harus bekerja sama dengan para investor lain untuk bisa mengembangkannya menjadi lebih besar dan maju. Sekian ulasan kali ini, terima kasih.

Share