8 Ide Bisnis Kreatif Yang Jarang Ada

Kreatif merupakan kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru yang berbeda dari orang lain. Hasil kreativitas ini bisa berupa ide atau gagasan maupun menghasilkan sebuah produk. Berpikir kreatif diperlukan dalam berbagai bidang, termasuk berpikir kreatif untuk menciptakan sebuah bisnis. Ide bisnis kreatif yang jarang ada sangat diperlukan untuk memenangkan pasar. Lalu bagaimana agar kita bisa berpikir kreatif?

Cara Berpikir Kreatif

Anda mungkin masih bertanya-tanya bagaimana cara berpikir kreatif untuk menghasilkan ide yang inovatif? Berikut tips yang harus Anda miliki:

  • Pengetahuan luas

Untuk bisa berpikir kreatif, Anda harus memiliki bekal ilmu pengetahuan yang luas. Misalkan Anda ingin berpikir kreatif dalam dunia bisnis, Anda harus memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman tentang bisnis. Dengan begitu, Anda akan semakin kompeten dan handal sehingga bisa menangkap peluang-peluang ide bisnis kreatif yang jarang ada.

  • Menulis

Menulis topik setiap hari akan melatih kemampuan Anda untuk berpikir kreatif. Tenang, menulis disini bukan berarti menulis untuk satu buku. Tulislah beberapa topik-topik terkini yang sedang hangat. Anda cukup menulis sehari 300 sampai 500 kata. Dengan menulis, otak Anda akan aktif setiap hari dan memicu untuk berpikir kreatif.

  • Menonton film

Cara ini mungkin terdengar sedikit aneh. Tetapi, ada beberapa orang yang kemampuan berpikir kreatifnya dipicu dengan menonton film. Dengan menebak alur cerita dan berusaha berpikir untuk menyelesaikan konflik yang ada, Anda sudah mulai berpikir kreatif.

  • Liburan

Seseorang cenderung akan berlibur ke tempat yang berbeda budaya dan kebiasaan. Dengan begitu, adaptasi untuk menerima perbedaan, akan meningkatkan cara berpikir kreatif.

Jenis Usaha Kreatif Yang Wajib Dicoba

Setelah mengetahui bagaimana cara berpikir kreatif, selanjutnya ada beberapa ide bisnis kreatif yang jarang ada:

  • Kerajinan rotan

Walaupun di Indonesia sudah banyak kerajinan rotan yang diciptakan, namun masih belum memiliki nilai jual yang tinggi. Nah, ini bisa Anda jadikan peluang untuk bisnis Anda. Carilah pengetahuan dan pengalaman sebayak-banyaknya terkait kerajinan rotan dan coba berikan aksen kreativitas yang membuat nilai atau harga jual kerajinan Anda tinggi. Perlu Anda ketahui, usaha produk yang memanfaatkan kearifan lokal memiliki nilai estetika yang lebih dibandingkan dengan produk-produk nasional.

  • Scarp frame

Istilah ini mungkin sedikit asing bagi Anda. Namun, Anda sebenarnya sudah paham dengan produk ini. Scarp frame merupakan pigura yang dihias dengan berbagai latar potongan gambar, foto ataupun tulisan tangan. Produk ini banyak dicari untuk hadiah wisuda, ulang tahun, maupun pernikahan. Untuk menghasilkan produk yang bagus, Anda dituntut untuk kreatif untuk memadukan kemampuan mendesain, menggunting dan menempel.

  • Kayu lukis

Jika scarp frame banyak dicari untuk hadiah wisuda, maka kayu lukis banyak dicari untuk souvenir. Yah, melukis diatas kayu dengan teknik topografi yang unik akan menghasilkan produk yang apik. Anda bisa melukis diatas telenan, centong, tatakan kayu, maupun perabotan kayu lainnya.

  • Bunga kertas artifisial

Bunga kertas artifisial adalah bunga-bunga yang sering Anda jumpai diacara lamaran, ulang tahun, baby shower maupun acara lainnya. Kini, dekorasi sangat dibutuhkan untuk membuat acara tersebut semakin meriah. Disini Anda dituntut untuk membuat bunga-bunga yang cantik sehingga menarik perhatian pelanggan. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar.

  • Bantal karakter

Jika biasanya bantal digunakan untuk tidur, kali ini bantal juga digunakan sebagai souvenir ataupun hiasan rumah. Namun, bantal yang digunakan untuk hiasan rumah adalah bantal-bantal karakter yang didesain cantik. Bantal tersebut bisa berupa tokoh-tokoh lucu animasi ataupun dicetak dengan menyablon foto di bantal tersebut. Jadi, bantal karakter ini juga bisa dijadikan sebagai hadiah ulang tahun teman Anda.

  • Usaha kuliner terkini

Walaupun bisnis kuliner sudah banyak sekali pesaing, namun bisnis ini masih memiliki peluang yang besar. Sekarang ini banyak inovasi makanan yang bisa Anda coba untuk menghasilkan makanan terkini yang ngehits dan milenial.

  • Jual beli barang antik

Barang antik memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Barang-barang jadul ini justru banyak dicari oleh para pecinta vintage tempo dulu. Jadi, Anda bisa membeli barang-barang vintage dan menjualnya kembali kepada pecinta barang antik.

  • Souvenir wisuda

Wisuda merupakan salah satu momen bahagia seseorang. Nah, untuk memeriahkan acara tersebut, biasanya teman memberikan hadiah-hadiah yang unik. Anda bisa bereksperimen untuk membuat souvenir wisuda yang lucu dan unik sehingga menarik perhatian konsumen. Bisa berupa boneka, bunga, lukisan, maupun benda-benda lain yang unik dan menarik.

Itulah beberapa ide bisnis kreatif yang jarang ada dan memiliki peluang yang cukup besar untuk mendapatkan banyak keuntungan. Untuk itu, silahkan Anda pilih jenis usaha kreatif yang sesuai dengan passion dan keinginan Anda.

Share