Investasi di Reksadana Online Terbaik

Investasi adalah salah satu cara untuk mempersiapkan masa depan atau hari tua. Oleh karena itu, menabung dan berinvestasi harus kita lakukan mulai saat ini. Kini, ada investasi dengan istilah reksadana. Reksadana merupakan wadah yang menampung dana masyarakat oleh badan hukum yakni manajer investasi, yang kemudian akan diinvestasikan ke dalam surat-surat berharga seperti obligasi, saham, dan instrumen pasar uang. Reksadana online terbaik kini juga sudah banyak tersedia.

Reksadana online kini lebih banyak digemari untuk memudahkan pengguna berinvestasi tanpa harus ribet keluar rumah. Karena, banyak sekali orang yang menunda berinvestasi karena urusan ribet dan mahal. Namun, semua itu kini sudah teratasi dengan adanya reksadana online terbaik yang dapat dengan mudah Anda gunakan.

Jenis-Jenis Reksadana

Sebelum membahas lebih lanjut tentang reksadana online, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis reksadana. Ada 4 jenis reksadana yaitu:

  • Reksadana saham

Manajer investasi dalam reksadana ini akan menempatkan dana investor ke instrumen. Tujuannya untuk memberikan keuntungan yang menarik dalam jangka waktu yang panjang dengan cara mengkapitalisasi pasar modal Indonesia. Risiko reksadana saham memang paling tinggi dibandingkan dengan reksadana jenis lain. Namun, keuntungan yang diperoleh juga paling besar.

  • Reksadana campuran

Sesuai namanya, reksadana ini menawarkan investasi ke beberapa instrumen. Tujuannya tidak lain adalah untuk memperoleh keuntungan jangka panjang pada obligasi, pasar uang dan saham. Namun, keuntungan yang diperoleh tidak sebesar reksadana saham, karena risiko yang ditanggung juga tergolong rendah.

  • Reksadana pendapatan tetap

Tujuan dari reksadana ini adalah dengan memberikan tingkat pengembalian yang menarik yakni penekanan pada stabilitas modal. Resiko reksadana ini di bawah reksadana campuran, sehingga keuntungan yang diperoleh juga lebih kecil.

  • Reksadana pasar uang

Reksadana pasar uang merupakan jenis reksadana paling aman dengan risiko paling kecil. Tujuan dari reksadana ini adalah memberikan keuntungan dengan investasi pada pasar uang dan menurunkan risiko melalui diversifikasi penempatan instrumen pasar uang.

Reksadana Online Terbaik 2019

Setelah tau jenis-jenis reksadana, kini ada beberapa reksadana online terbaik yang bisa menjadi referensi Anda untuk investasi online, diantaranya adalah:

  • Bareksa

Bareksa yang didirikan pada tahun 2013 ini, merupakan salah satu pionir yang berhasil mendapat lisensi dari otoritas jasa keuangan untuk menjual reksadana melalui internet kepada para nasabah. Beberapa jenis reksadana yang ditawarkan adalah reksadana indeks, reksadana campuran, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham dan reksadana pasar uang. Hal yang menarik jika Anda investasi di Bareksa adalah investasi bisa dilakukan mulai dari 100ribu rupiah. Wahhh, sangat murah bukan?

  • Ipotfund

Ipotfund merupakan reksadana online pertama yang ada Indonesia yang kemudian diluncurkan pada tahun 2014. Ipotfund juga termasuk reksadana online paling lengkap di Indonesia. Perlu Anda ketahui, Ipotfund sudah menggandeng hampir 80 manajer investasi yang mana jumlah dana pengelolaannya sudah mencapai ratusan juta rupiah. Namun, disini hanya ada 4 jenis reksadana yakni reksadana saham, reksadana campuran, reksadana pendapatan tetap dan reksadana pasar uang.

  • Bukareksa

Bukareksa merupakan tempat beli reksadana online berbasis portal belanja atau marketplace. Bukareksa bekerja sama dengan Bukalapak sejak awal tahun 2017. Keunggulan investasi di bukareksa adalah Anda bisa memulai investasi hanya dengan 10ribu rupiah saja. Wowww, sangat sangat murah bukan? Walaupun baru berdiri tahun 2017, bukareksa kini sudah mampu menggandeng 10 manajer investasi. Untuk memulainya, Anda bisa membuka situs Bukalapak dan ikuti arahan selanjutnya. Selamat mencoba!

  • Tokopedia

Satu tahun setelah Bukalapak membuka bukareksa, tahun 2018 Tokopedia turut meluncurkan reksadana online sejak bulan Februari. Walaupun termasuk masih sangat muda, Tokopedia reksadana sudah memiliki lisensi dari otoritas jasa keuangan. Namun, produk yang ditawarkan tergolong masih terbatas yakni hanya reksadana pasar uang. Seperti bukareksa, untuk investasi di Tokopedia bukareksa hanya mulai 10ribu rupiah saja.

  • Invisee

Invisee didirikan oleh PT Nusantara Sejahtera Investama bergabung mulai 25 November 2016. Invisee sudah memiliki lisensi dari otoritas jasa keuangan. Fitur unggulan mereka adalah GoalPlanner yang mana secara otomatis akan menggolongkan karakteristik investor sesuai dengan targetnya.

  • TanamDuit

Ini merupakan reksadana online yang didirikan oleh PT Star Mercato Capitale. Sasaran dari reksadana TanamDuit adalah para kaum milenial dengan menambahkan produk secara berkala sesuai dengan perkembangannya. Modal awal untuk berinvestasi sebesar 50ribu rupiah.

  • Poems ProFund

Ini merupakan reksadana online yang menawarkan produk paling banyak yakni mencapai 122 produk. Modal awal untuk berinvestasi hanya sebesar 50ribu rupiah. Reksadana ini selalu menampilkan biaya komisi, return dan NAB sehingga Anda bisa ikut memantau dengan jelas.

Itulah beberapa jenis reksadana online terbaik yang bisa Anda coba. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa bertanya kepada teman, sahabat atau keluarga yang pernah investasi reksadana online.

Share